PELUANG BISNIS TRAVEL

Posted by

Salah satu peluang bisnis yang saat ini masih laku di Indonesia adalah travel agent. Travel agent adalah salah satu yang dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas banyak orang. Sebut saja untuk urusan bisnis. Travel agent tertua di dunia asal Inggris, yaitu Cox & Kings, awalnya hanya melayani kunjungan orang perbankan saja untuk keperluan klien mereka. Barulah di abad ke-19, sebuah travel agent modern berama Thomas Cook Co.—yang terdengar sudah bangkrut, mulai melayani untuk keperluan paket tour.

Ya, bisa dikatakan bahwa travel agent adalah sebuah perusahaan jasa yang sudah dibutuhkan banyak orang untuk mempermudah urusannya, baik untuk pekerjaan atau hanya sekadar berlibur. Belum lagi kesibukan seseorang membuat mereka tak memiliki waktu untuk mengurus beberapa keperluan, seperti tiket penerbangan, surat perjalanan, dan penginapan, membuat peluang bisnis travel agent semakin besar. Namun, seperti yang sudah banyak diketahui saat ini bahwa sudah menjamurnya travel agent membuat Anda harus berpikir kreatif untuk mendirikan salah satu peluang bisnis ini.

Sekadar informasi bahwa peluang bisnis travel agent bisa dijalankan dengan dua cara. Pertama adalah dengan mendirikan badan usaha sendiri, yang biasanya travel agent ini memiliki modal yang cukup besar karena mereka harus memiliki izin, seperti badan usaha, BPW, ASITA, IATA. Sedangkan cara kedua adalah dengan menjadi sub agent dari travel agent yang lebih besar, biasanya prosesnya tak begitu sulit dengan modal yang tak begitu banyak.

Tentukan Jenis Travel yang Ditawarkan
Jenis travel yang ditawarkan seperti yang di awal dikatakan bahwa fungsi sebuah travel agent bukan hanya untuk pekerjaan saja. Ada banyak sekali jenis travel agent, di antaranya adalah travel haji, umrah Haji, Umrah, Tour wisata domestic, Tour wisata mancanegara, Tiket pesawat domestic, Tiket pesawat internasional, Penukaran uang atau Money changer, voucher hotel dan reservasi hotel. Nah, ini yang harus Anda pilih. Apakah Anda hanya menawarkan tour wisata domestik, servasi hotel, sebagai travel agent haji dan umrah, atau malah semuanya.

Modal
Dalam mendirikan sebuah travel agent, ada 3 modal yang harus Anda miliki. Pertama modal personal yang meliputi tentang karakteristik Anda. Modal kedua adalah modal nominal yang bisa dihitung, misalnya seperti modal tabungan, kendaraan, kantor/bangunan, hingga badan usaha resmi. Yang ketiga adalah modal dasar profesional seperti Anda memiliki banyak kenalan dalam bidang yang sama, memiliki jaringan yang kuat dan relasi yang luas, dan sebagainya. Modal-modal inilah yang dibutuhkan jika Anda mendirikan sebuah travel agent.

Berpikir kreatif
Travel agent bukan hanya mengurusi pekerjaan, tetapi juga paket tour liburan. Seperti di awal dikatakan bahwa travel agent saat ini bagai jamur di musim hujan. Anda harus berpikir kreatif untuk bisa menarik konsumen. Jika Anda memiliki paket tour, sebaiknya susun kegiatan wisata yang menarik agar konsumen tak bisa melupakan moment bahagia tersebut, pun agar konsumen tak merasa dirugikan dengan nominal yang sudah dia keluarkan untuk Anda.

Kerja sama dengan perusahaan lain
Seseorang yang akan berlibur tentu tak hanya memikirkan masalah tempat wisata saja bukan? Mereka juga membutuhkan setidaknya penerbangan/transportasi yang nyaman, sebuah penginapan, dan mungkin saja sebuah restaurant untuk makan malam. Inilah yang harus dipikirkan sebagai travel agent. Anda harus bekerja sama dengan perusahaan lain. Misalnya mulai dari beberapa maskapai, hotel berbintang hingga kelas melati, restaurant, bahkan butik. Kerjasamalah dengan mereka untuk mendapatkan voucher sehingga konsumen tertarik mengikuti paket tour yang Anda tawarkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *